Apa itu ROOT ANDROID?

APA itu ROOT Android?



gambar : google.com

Root adalah Sebuah izin (kontrol penuh) pada Smartphone, Tablet atau perangkat lain yang berbasis Android. Dengan Akses Root ini anda bisa Mendapatkan kontol penuh pada perangkat Android anda sehingga dapat leluasa untuk Memodifikasi System Androidnya, seperti Penginstalan ROM, Modeifikasi Aplikasi, System, Kernel, Boot, Memasang Aplikasi pihak ke tiga dan Masih banyak lagi.

Pada umumnya Perangkat android yang beredar dipasaran tidak mempunyai hak akses root, karena para vendor tidak menyarankan utuk mempunyai akses root yang akan mengakibatkan hal - hal yang tidak diinginkan (yang akan dibahas pada Kekuarang ROOT)


Apa saja Manfaat dan Kerugian dalam Root Android?

Manfaat Root pada perangkat android
  1. Melonggarkan Memory pada Android
  2. Dengan adanya akses root ini anda bisa menghapus aplikasi - aplikasi yang tidak berguna atau tidak pernah dipakai, biasanya aplikasi ini merupakan Aplikasi bawaan Vendor Perangkat android. dengan menghapus aplikasi tersebut maka kan melongarkan memory pada Perangkat Android kita. Selain itu kita juga bisa memindahkan Aplikasi dari Penyimpan Internal ke KartuSD atau Memory External sehingga Penyimpanan Internal Lebih longgar.

  3. Mempercantik Tampilan (User Interface)
  4. Bukan dengan Launcher atau Aplikasi Semacamnya, Mempercantik UI pada perangkat android yang sudah di root dapat Lebih Luas, Seperti mempercantik tampilan Setting, Booting, Tampilan Aplikasi dan sebagainya. kita juga bisa Menginstal ROM ala ala Vendor Terkenal agar Perangkat Android mirip Vendor terkenal tersebut seperti Iphone, Samsung, Xiaomi dan lain - lain, bahkan penginstalan ROM ini juga dapat MengUpgrade Android ke versi yang lebih tinggi tanpa adanya menunggu pembaruan dari Vendor yang kita pakai atau menurunkan versinya. Perlu diingat penginstalan ROM ini harus Sesuai Type Vendor yang kita pakai dan Kompitable ya..

  5. Mempercepat Kinerja Perangkat Android

  6. Androidnya lemot? anda bisa melakukan hal hal berikut ini jika Perangkat Andoid anda sudah di root :
    Mempercepat Kinerja Procecor dengan OverClock
    Menambah kinerja RAM dengan SWAP memory
    Pengeditan Kernel sehingga lebih Optimal
    Pengematan Daya Baterai dan Konsumsi daya
    dan Masih Banyak Lagi

Hal Hal yang akan mungkin terjadi Ketika kita melakukan ROOT
  1. Garansi Perangkat Android akan Hilang
  2. karena merombak atau memodifikasi ulang pada system Android akan Rentan terjadi kerusakan, Sehingga Vendor Perangkat Android tidak Akan bertanggung jawab atas Kerusakan yang disebabkan Oleh Pengguna (Garansi Hilang)

  3. Keamanan Perangkat Android tidak Terjamin
  4. Dengan melakukan Root atau mendapatkan hak akses penuh pada perangkat android kita lebih leluasa untuk menginstal Aplikasi pihak ketiga atau Pengembang yang tiak terjamin, seingga akan dimanfaat kan oleh oknum oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan Pencurian data, Pembajakan dan Lain Sebagainya.

  5. Kerusakan Pada Perangkat Adnroid
  6. Akibat pemberian hak akses penuh pada android, sehingga pengguna lebuh leluasa untuk mengoprak - aprek Perangkat Android miliknya sehingga akan merubaha tantanan system dengan Memodifikasi, Penginstalan atau Menghapusnya. karena adanya Modifikasi, Penginstalan atau Penghapusan file System sering / kerap terjadi Error, file Corrupt atau Kesalahan bisa Berakibat fatal. maka akan mengakibatkan Perangkat Android Apliksi yang tidak bisa dibuka, pengaturan koneksi yang Error, Softbick, Bootloop, bahkan Mati Total. Jadi Berhati hatilah

Semoga Bermanfaat,

Comments

Popular posts from this blog

ROM Touchwizmod V4 For Samsung J1 Ace SM-J111F / J111M

Cara Instal TWRP SAMSUNG J1 Ace SM-J111F / SM-J111M

Program Menghitung berat dan tinggi badan ideal dan Program peritungan Jumlah Kalori, Protein, dan Lemak dalam C++